Rabu, 31 Desember 2008

Kegemukan pada hewan kesayangan

Dewasa ini dengan semakin banyak dokter hewan praktek, semakin banyak pula orang memelihara hewan kesayangan, terutama anjing dan kucing. Dan semakin hari anjing dan kucing ini bukan sekedar menjadi hewan penjaga rumah atau menjaga agar tidak banyak tikus di dalam rumah. Namun paradigma pemeliharaannya sudah berubah dan terus bergeser menjadi bagian dari keluarga. Artinya anjing dan kucing pun punya tempat di dalam rumah dan seringkali makan dan tidur bersama dengan pemiliknya.

Karena menjadi bagian dari keluarga seringkali kita menjadi lupa bahwa kucing dan anjing adalah hewan. Hewan tersebut mempunyai kebiasaan dan pola makan yang tidak sama dengan kita, manusia. Selain itu hewan kesayangan kita juga seringkali diperlakukan sebagai “manusia”, termasuk pola atau gaya hidup yang dijalani pemilik.
Problematika yang timbul berkaitan dengan perubahan pola pemeliharaan tersebut saat ini semakin banyak hewan kesayangan mengalami kegemukan bahkan obesitas. Disadari atau tidak anjing atau kucing yang gemuk lebih disukai dengan alasan “lucu”, atau kadang pemilik tidak menyadari bahwan hewan kesayangannya kegemukan. Padahal dengan kondisi demikian akan menimbulkan risiko-risiko penyakit, sama seperti pada manusia atau pemiliknya. Dan belakangan in semakin banyak kasus-kasus penyakit yang muncul akibat kegemukan yang diderita hewan kesayangan.
Kegemukan bahkan obesitas akan menimbulkan risiko hewan mengalami, gangguan jantung dan hipertensi, penyakit-penyakit metabolik dan hormonal, gangguan lokomosi dan gangguan perkemihan dan reproduksi serta berbagai penyakit lain.

Penyebab yang paling sering adalah pemberian pakan yang berlebihan, baik karena persepsi (membei makan adalah cara berkomunikasi degan hewan) atau kadang untuk menutupi rasa bersalah atau rasa sayang yang berlebihan. Dan yang paling berpengaruh adalah sedentary lifestyle( pola hidup modern yang tidak banyak bergerak dan lebih banyak makan dan minum). Selain itu memang jenis kelamin betina lebihberisiko mnejadi gemuk, sterilisasi pada hewan baik kastrasi ataupun ovariohisterketomi atau pemberian kontrasepsi hormonal. Semakin sedikit hewan yang dipelihara maka risiko menjadi gemuk semakin besar.

Sayangi hewan anda dengan menjaga kondisinya agar tidak terlalu gemuk bahkan obesitas, sebab akan menimbulkan penyakit atau gangguan fungsi tubuh. Dengan memberikan pakan dengan prosi yang cukup serta berimbang dan berolah raga (exercise), maka hewan kesayangan anda akan sehat dan tidak perlu datang dan berobat ke dokter hewan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar